0

Sie Reuboh Buatan Mbak Anna

Posted on 04 November 2014

Sie Reuboh Buatan Mbak Anna

Malam ini saya sowan ke rumah Mbak Anna, Alumni SMASA Tahun 1993 yang berdomisili di Banda Aceh, satu kota dengan saya. Selain sowan ke rumah ngobrol ngalor ngidul, kunjungan saya kali ini juga didukung oleh rasa penasaran saya terhadap salah satu jenis makanan. Jadi ceritanya senin malam kemarin Mbak Anna bbm saya untuk sowan ke rumahnya sekalian nyobain masakannya yang namanya "sie reuboh". Selain karena ingin mempererat tali silaturahmi, saya juga penasaran dengan yang namanya "sie reuboh". Dalam pikiran saya, makhluk apa ya itu?

Ternyata, tara...
Itulah penampakan sie rebuh.

Sie reuboh ini merupakan masakan khas Aceh Rayeuk (suatu daerah di Aceh). Sie reuboh sendiri merupakan bahasa Aceh yang mempunyai arti daging rebus. Daging yang dimaksud di sini adalag daging sapi, meskipun terkadang ada yang memakai daging kambing juga.

Citarasa alami daging sapi masih kuat, dengan bumbu minimalis yang mencuatkan sedikit asam, sedikit pedas, gurih - dibalut aroma harum yang memukau. Kunci kekhasan sajian ini adalah pada cuka enau yang digunakan untuk menciptakan rasa asam. Cuka enau dibuat khusus sebagai bahan dasar membuat makanan ini, berbeda dengan cuka-cuka makan yang biasanya. Aromanya lebih harum bila dibanding dengan cuka makan atau asam cuka botolan. Jenis cuka ini masih populer dan banyak dijajakan di Aceh.

No Comments

Discussion

Leave a response